Mengapa Mata Uang bisa naik turun

Di dalam ilmu ekonomi anda pasti mengenal yang namanya hukum penawaran dn permintaan(supply and demand)
jika salah satu mata uang naik(banyak permintaan) maka mata uang lainnya akan turun(kurang permintaan) hal ini lah yang menyebabkan mata uang bisa naik turun.
Pertanyaan berikutnya apa yang menyebabkan salah satu mata uang memiliki permintaan yang banyak? jawabannya adalah tergantung imbal balik(suku bunga) negara tersebut. Sama seperti kita akan memilih bank yang mempunyai bunga deposito tertinggi.
Lha terus kenapa semua negara tidak menaikkan suku bunga mereka sehingga menarik para investor? ternyata tidak sesederhana itu. besaran suku bunga harus di seimbangkan dengan aliran uang masuk dan keluar. Jika terlalu rendah maka akan menghancurkan mata uang namun sebaliknya jika terlalu tinggi akan memperlambat ekonomi karena para pengusaha harus membayar bunga yang tinggi dari pinjamannya sehingga ekspansi bisnis mereka akan melambat.
Mungkin anda berpikiran sama dengan saya, mengapa negara kita tidak mencetak banyak uang kemudian setiap penduduk mendapat pembagian uangnya? ini juga tidak mungkin sekali lagi hukum penawaran dan permintaan berlaku. jika terlalu banyak uang yang beredar maka akan menyebabkan inflasi tinggi sehingga barang-barang naik drastis.
Contoh dari kasus ini adalah negara zimbabwe. Semua penduduk di sana adalah milyader. Mana mungkin di benua afrika gitu loh, tapi kenyataanya seperti itu. inflasi di zimbabwe adalah yang terbesar di dunia atau di sebut hiperinflasi yaitu sekitar 200 juta persen.
jika anda mempunyai milyaran  atau bahkan trilyunan uang dollar zimbabwe  jangan senang dulu. bahkan menurut berita lokal sana ada beberapa orang sana yang menggunakan uang mereka sebagai pengganti tisu toilet itu karena terlalu tidak berartinya mata uang mereka.

100 milyar dollar zimbabwe untuk 3 butir telur

Mau tanya rasanya makan seharga 1 Milyar

Milyarder kecil

Dari pada di hitung mudah di timbang

Faktor lainnya adalah politik dan keamanan dalam negeri. yang ini tidak perlu di jelaskan lagi anda pasti sudah tahu bagaimana pengaruhnya.

Kapan yah rate 1 $dolar jadi ratusan rupiah.  jadikan gak perlu kerja di luar negeri hehe

millionaireacts.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: