Level-Level Investor

http://carritawisatacontent3.blogspot.com/2008/09/si-bule-dan-uang-indonesia-yang-unik.html

Level 0 : Tidak ada yang di investasikan

Ini tipe investor yang paling buruk.kenapa? ya sederhana saja, karena mereka tidak punya sesuatu yang di dapat di investasikan. Bahkan level ini seharusnya tidak termasuk dalam level investor, Jika anda termasuk level ini maka maaf anda akan menjadi tikus seterusnya di dalam ilustrasi Rat Race Robert Kiyosaki.

Level 1 : Pengutang(utang tok isine)
Ini adalah investor yang senang meminjam. Ini tipe orang yang suka menggunakan kartu kredit atau berhutang untuk di belanjakan atau invetasi. mereka akan berkata “saya akan bekerja lebih keras untuk melunasi hutang”.
tipe investor ini kelihatannya “KAYA” karena mempunyai barang yang mewah. tapi jika di lihat dari finansial statement investor tipe ini dalam “bahaya” dengan hutangnya.bahkan seumur hidup bekerja hanya untuk menutupi hutang.

Level 2 : Penabung(nabung pangkal kaya)

Kebalikan dari investor level 1, mereka secara rutin menyisakan pendapatan untuk di simpan TAPI bukan di gunakan untuk investasi namun hanya di gunakan untuk “sesuatu” di masa depan. Tipe ini adalah low risk taker dan hanya berinvetasi di instrumen yang memiliki return yang kecil seperti tabungan di bank dan deposito. Mereka takut akan hutang dan tidak mengetahui keuntungan hutang bekerja untuk mereka.

Level 3 : Investor Cerdas

Di level ini dapat di pecah menjadi 3
3.1 Tak bisa di ganggu(sak karepku)
Mereka adalah investor yang tidak perduli tentang uang dan cara berinvestasi. Mereka hanya mengetahui caranya menghasilkan uang. Di seluruh hidupnya akan di habiskan untuk bekerja dan bekerja
3.2 Pengejek(ngece tok)
Tipe investor ini akan selalu menjatuhkan mental bahwa investasi anda tidak akan pernah berhasil. Mereka kelihatan para ahli yang selalu mengatakan kerugian dan resiko investasi. Kiyosaki mengkategorikan kelompok ini berbahaya karena mereka terlihat pintar. Mereka terlalu takut berinvestasi dan menghabiskan waktunya hanya untuk mempelajari investasi sampai terlambat untuk berinvestasi.
3.3 penjudi(tancap terus)
Ini adalah kebalikan dari Pengejek. Mereka sangat menyukai resiko bahkan tidak perduli dengannya. Mereka berbisnis seperti bermain judi. Berinvestasi hanya mengandalkan keberuntungan

Level 4 : Investor Jangka Panjang

Tipe investor yang mengerti dasar-dasar keuangan. Mereka investor yang aktif berinvestasi dan mempunyai tujuan jangka panjang. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari investasi. bukan investor besar tapi konservatif menabung untuk tujuan jangka panjang.

Level 5 : Investor Berpengalaman

Mereka adalah investor yang sudah memiliki pemahaman yang cukup dalam hal berinvestasi. Merekan mengetahui berinvestasi secara baik, mengetahui prinsip keuntungan yang tinggi di sertai resiko yang tinggi pula. Mereka mengetahui memanage resiko dan tidak berjudi dengannya. Mereka menjalankan bisnis dengan skala kecil untuk mempelajari perputaran uang kemudian bermain dalam skala besar untuk meningkatkan asetnya.

Level 6: Kapitalis

Ini adalah investor yang termasuk dalam kuadran B di cashflow kuadran. Mereka menghasilkan banyak uang dengan menggunakan uang,skill dan talenta orang lain dimana hal-hal tersebut tidak mereka punyai. Mereka ini memperkerjakan orang-orang yang bertalenta tinggi dan profesional. Mereka adalah para taipan dan konglomerat yang menggerakkan ekonomi.
Menurut kiyosaki entry point yang bagus dari tujuh tipe investor tersebut adalah investor level 4(intvestor jangka panjang). Seseorang yang tidak mempunyai pengalaman bisnis/investasi yang memadai di sarankan tidak langsung masuk ke level 5 atau level 6 karena level itu mempunyai resiko tinggi.

Bagaimana dengan anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: