Cash Flow Quadrant

Anda mungkin sering mendengar nama seorang Robert Kiyosaki.  Beliau adalah seorang pengusaha,motivator tapi lebih di kenal sebagai seorang pengarang buku yang terkenal “Rich dad Poor dad”. di dalam bukunya dia mempunyai 2 orang ayah yaitu ayah kandung yang di deskripsikan sebagai “poor dad” dan teman dari ayahnya yang di deskripsikan sebagai “Rich dad”.  kedua ayahnya mengajarkan bagaimana cara sukses dalam hidup dari sisi kekayaan dengan pendekatan yang berbeda.

Ayah kandungnya menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bersekolah untuk mencapai ijasah doktoral dengan harapan mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi tapi pada akhirnya tetap menyisakan hutang yang menumpuk. Sedangkan ayah lainnya tidak lulus sekolah tapi memiliki usaha yang sukses. Lha kok  LH OK OK wk wk

Pola pikir Poor dad “Saya tidak bisa menghasilkan uang” sementara Rich dad “Bagaimana saya bisa menghasilkan uang”

Selain itu Poor dad akan berkata “Uang adalah sumber dari kejahatan” dan Rich dad “Kekurangan uang sumber dari semua kejahatan”.

Otak dari poor dad akan berhenti bekerja ketika dia berkata demikian, membunuh inisiatif dan selalu berpikiran pesimis sedangkan otak rich dad akan selalu berinisiatif dan optimis. mana yang terbaik? tentu saja yang terbaik adalah menjadi rich dad.

Robert kiyosaki mengemukakan istilah RAT RACE. ini adalah perlombaan seumur hidup antara INCOME dan SPEND. kita menerima pemasukan rutin sekaligus mengeluarkan uang untuk memuaskan keinginan kita. kondisi inilah yang di sebut rat race. Kita hidup hanya untuk membayar semua pengeluaran harian. trus gmana kita bisa keluar dari lingkaran setan ini? coba anda pelajari cashflow diagram di bawah.

Dengan mempelajari diagram ini anda akan memahami aliran pendapatan kita yang terbagi menjadi 2 bagian. Bagian kiri di sebut Active Income dan sebelah kanan di sebut Passive Income. Apa bedanya? kalau Active Income artinya “Anda bekerja untuk uang” sementara Passive Income “Uang bekerja untuk anda”.

cashflow diagram di bagi menjadi 4 Quadran
Quandran 1 – (EOMPOYEES)Pekerja
Kebanyakan dari kita berada di bagian ini. Kita mempunyai pekerjaan dan harus bekerja keras untuk itu. Bekerja sesuai aturan dari atasan kita agar dapat imbalan. kita tidak bisa bekerja sesuai dengan jadwal waktu kita. mereka adalah orang-orang yang menyukai ketenangan atau zona nyaman. Semakin lama mereka bekerja bukan mereka yang semakin kaya tapi pemilik perusahaan lah yang semakin kaya. dan jika mereka berhenti bekerja maka pendapatannya juga akan berhenti.

Quadran 2 – Wiraswasta(SELF EMPLOYED)
Mereka bekerja untuk mereka sendiri. Perbedaannya dengan tipe pekerja adalah seorang wiraswasta memiliki waktu sendiri karena mereka tidak yang menjadi atasan sendiri. Mereka adalah orang yang independent. Tidak suka bekerja untuk orang lain. Mereka adalah golongan Dokter,Pengacara, dan pemilik perusahaan kecil. tapi sama seperti tipe pekerja jika mereka berhenti bekerja pendapatnya mereka juga akan berhenti.

Quadran 3 – Pemilik Perusahaan Besar(BIG BUSSINESS OWNERS)
Mereka mempekerjakan orang yang cerdas untuk menjalankan bisnisnya. Mempunyai sistem yang solid yang dapat mereka control. bahkan di saat mereka berlibur pun mereka masih dapat menghasilkan keuntungan berkat orang cerdas yang berkerja untuknya. Contoh dari quadrant ini adalah para konglomerat dan beberapa pemilik franchise yang mempunyai siste yg solid.

Quadran 4 – Investor(INVESTORS)
Kelompok ini membangun asset dan bekerja bukan untuk uang lagi. mereka masih memiliki pendapatan meskipun tidak bekerja hal ini di sebabkan asset yang mereka miliki. Mereka hidup dari bunga dari asset yang mereka investasikan. mereka dapat membedakan antara asset atau liabilities. contoh dari kelompok ini adalah investor pasar modal, real estate dll

Setelah ada melihat dan memahami diagram di atas cara yang terbaik untuk keluar dari RAT RACE adalah menjadikan dari Active Income menjadi Passive income, dari pekerja atau wiraswasta menjadi pemilik usaha atau investor.

Salah satu pesan dari kiyosaki adalah si Kaya membeli asset, si Miskin hanya memiliki pengeluaran, kelas menengah membeli liability yang di kiranya asset.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: