SU Puzzle Game Seru

Apakah anda penyuka game-game yang memutar otak? jika iya mungkin ada harus menyoba permainan yang satu ini. Sebenarnya permainan ini cukup sederhana

Ada 3 buah rumah dan 3 buah sumber energi masing-masing : sumber lisrik,sumber air dan sumber gas.

Tugas anda “hanyalah” menghubungkan masing-masing rumah di atas dengan 3 sumber energi tadi dengan syarat semua garis tidak boleh melewati garis yang sudah ada dan satu rumah hanya boleh memiliki sumber energi yang sama.

test

Cuma itu ? yup cuma itu gampang kan. Anda bisa memainkan game online ini di http://www.supuzzle.com/

Jika di lihat dari intruksinya ini kelihatan mudah tapi jika anda mencobanya sendiri anda akan menemukan kesulitan di langkah terakhir yaitu satu langkah itu mau tidak mau akan memotong garis lainnya.

Silahkan anda coba sendiri sulit nya dan yang jelas game ini membuat penasaran game . hal ini terjadi terhadap saya mencoba dan mencoba lagi sampai akhirnya saya menyerah🙂

Begitu juga dengan teman-teman di kantor saya hehe yang sebelumnya menggebu-gebu ingin menjadi yang pertama memecahkan misteri ini

Jika anda mencari solusi di web anda akan banyak yang menclaim bisa memecahkan puzzle ini. Tapi yang anda temukan hanyalah trick dari kelemahan game dari flash ini. Kelemahan ini adalah jika di klik kanan menggunakan mouse. maksudnya apa ? . Ternyata logic game itu akan inactive jika di klik kanan sehingga anda dapat menghubungkan semua titik itu

supuzzlesolve

solusi menggunakan klik kanan

Di gambar di atas sebelum melewati sumber gas(no 1) saya mengklik kanan sampai muncul window menu kemudian di sisi sumber api satunya klik kiri lagi kemudian hubungkan ke rumah yg terakhir. wazza anda berhasil menyelesaikan game ini.

Anda mungkin akan bertanya sebenarnya bisa tidak game ini di selesaikan.

Dari literatur yang saya dapat di dunia maya. Puzzle ini sebenarnya salah satu permasalahan bagian dari ilmu matematika yaitu topological graph theory. lebih di kenal dengan nama Utility Graph dan dalam bahasa yang lebih formal di kenal dengan nama Bipartite Graph K3,3. Utility Graph pertama kali di munculkan oleh H.E.Dudeney di tahun 1917.
Solusi nya ternyata adalah tidak mungkin menghubungkan semuanya tanpa saling memotong. Kazimierz kuratowski di tahun 1930 sudah membuktikan bahwa Bipartite graph k3,3 adalah non planar (planar adalah gambar yang dapat di hubungkan tanpa memotong secara 2 dimensi)

Dapat di simpulkan bahwa puzzle di atas tidak bisa di selesaikan.

Jadi apakah anda masih penasaran dan tetap menganggap masih ada solusi lain ?

One Response

  1. syamsul …….
    kamu keren bgt sih….
    & ganteng lg…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: