Tips untuk menghindari pencurian bisnis

Pencurian bisnis merupakan salah satu penyebab dari kebangkrutan usaha. Anda tidak menyadari seorang pegawai anda yang puluhan tahun bekerja ternyata mengkhianati anda.

Beberapa pegawai anda akan berani melakukan pencurian meskipun ada memberi kepercayaan terhadap mereka. pada awalnya mereka akan mencuri beberapa uang atau barang. biasanya anda baru akan mengetahuinya setelah beberapa bulan terjadi.

Berikut adalah bebarapa contoh yang sering terjadi
– Di perusahaan konstruksi. di setiap akhir pekan ada beberapa pegawai anda yang mengambil segenggam paku. sampai akhirnya ketika project berakhir mereka mendapatkan sejumlah paku yang dapat mereka jual
– Di kantor, kurir anda mendapatkan tip ketika mengantarkan kiriman barng anda. mengapa dia di beri tip padahal dia di gaji emmang untuk mengirimkan barang?
– Bagian purchasing, biasanya bagian ini paling sering mendapat “bingkisan” dari para supplier supaya tetap membeli ke supplier tadi.

Kemudian apa yang dapat anda lakukan untuk menghindari ini? berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan.
1. Seleksi pegawai anda dengan teliti.
periksa backgroundnya, surat keterangan bebas kriminal atau rekomendasi dari teman.

2. Bagi tugas secara merata dan lakukan cek ulang.
jangan menaruh satu orang yang menangani stock dan keuangan karena di bagian itulah yang paling rawan. Tempatkan pegawai A di bagian inventory, Pegawai b di bagian account recievable, pegawai C di bagian collection dan pegawai D di bagian account payable dan selalu cek keluar masuk uang dan stock.

3.Lakukan Pemeriksaan dan Audit mendadak.
Buat pemeriksaan mendadak terhadap pegawai hal ini akan memberikan perasaan “takut” untuk mencuri.

4.Pencurian terjadi karena ada peluang.
Jika anda memberikan peluang bagi pegawai anda untuk mencuri maka mereka mungkin akan melakukan. untuk menghindari ini, letakkan kunci di dalam ruangan anda dan pasang kamera di depan kasir anda atau bagian gudang.

5 Hati-hati dengan buku cek anda.
Buku cek merupakan sumber dari pencurian. Letakkan cek anda pada tempat yang aman. Selali catat jumlah cek yang telah anda keluarkan

6 Jika memungkinkan jangan menggunakan uang cash.
Bayar semua pengeluaran dalam bentuk cek terutama jika dalam jumlah besar. uang cah lebih mudah di curi dari pada cek. Pegawai anda bisa saja mengatakan menjadi korban dari perampokan.

7. Buat nomer pada semua dokumen keuangan anda.
pastikan nomer dokumen keuangan anda berurutan. invoice penjualan bulan lalu dapat di gunakan sebagai bukti penjualan bulan ini.

8. Bisnis dalam jumlah besar.
lakukan perhitungan sebelum dan sesudahnya jika ada bisnis dalam jumlah besar . Berapa jumlah yang terjual dan yang sisa dalam satu hari kemudian cek dengan uang yg masuk. jika terjadi kekurangan potong gajinya supaya sia lebih bertanggung jawab.

9. Bisnis dalam uang cash yang besar.
Pastikan membuat transferan uang di beberapa bank berbeda sehingga jika terjadi kehilangan maka jumlah yang hilang tidak banyak serta jangan malakukan transferan di waktu yang selalu sama.

10. Restaurant dan toko 24 jam.
pastikan pencahayaan toko anda sangat baik. Cahaya yang terang akan membuat pencuri takut untuk mencuri.

11. Asuransikan Usaha anda.
Asuransikan usaha anda sebagai jaga-jaga jika terjadi pencurian.

itulah tip-tip yang dapat anda lakukan untuk menghindari pencurian bisnis. Semoga bermanfaat apalagi dalam kondisi ekonomi yang sulit saat ini(millionaireacts.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: